-->

Ads 720 x 90

Header-hoz

Data Mining Tanpa Skill Coding Menggunakan Aplikasi Orange

 Apa itu data mining? Data maining adalah sebuah proses pengumpulan informasi penting dari sebuah data yang besar.

Metode apa yang digunakan di data mining? metode yang sering digunakan adalah metode statistik, matematika, dan artificial intelligent.

Fungsi data mining?  fungsinya adalah deskriptive dan predictive.

Fungsi data mining  yang lain, yaitu: characterization, discrimination, association, classification, clustering, outlier dan trend analysis.


Contoh Penerapan Data Mining

Penambangan data bisa digunakan di berbagai sektor, Mulai dari sektor bisnis, manajemen, keuangan dan lain sebagaianya. Berikut Contoh penerapan Data mining di beberapa sektor :

1. Market Analysis dan Management

Dalam sektor pemasaran biasanya data mining digunakan untuk Pemasaran target, manajemen hubungan pelanggan (CRM), analisis pasar, cross selling, segmentasi pasar. 

  • Target Pemasaran, Misalnya menemukan kelompok pelanggan “model” yang memiliki karakteristik yang sama: minat,tingkat pendapatan, kebiasaan belanja, dll. atau menentukan pola pembelian pelanggan dari waktu ke waktu.
  • Analysis lalu lintas pasar, Menemukan hubungan / hubungan antar produk penjualan, & prediksi berdasarkan asosiasi tersebut.
  • Profiling pelanggan, Jenis pelanggan apa yang membeli produk apa (pengelompokan atau klasifikasi)
  • Analisis kebutuhan pelanggan, Misalnya identifikasi produk terbaik untuk berbagai kelompok pelanggan, Memprediksi faktor apa yang akan menarik pelanggan baru, Penyediaan informasi ringkasan, Laporan ringkasan multidimensi, Informasi ringkasan statistik (kecenderungan dan variasi pusat data)

2. Corporate Analysis & Risk Management

Penerapan Data mining dalam sektor perusahaan biasanya digunakan untuk prediksi, retensi pelanggan, underwriting yang lebih baik, kontrol kualitas, analisis kompetitif.

  • Perencanaan keuangan dan evaluasi aset, Misalnya analisis dan prediksi arus kas, analisis klaim kontinjensi untuk mengevaluasi aset, analisis cross-sectional dan time series (rasio keuangan, tren analisis, dll.)
  • Planning Perencanaan sumber daya, Misalnya merangkum dan membandingkan sumber daya dan pengeluaran 
  • Persaingan, Misalnya memantau pesaing dan arah pasar, mengelompokkan pelanggan ke dalam kelas dan penetapan harga berbasis kelas prosedur, dan mengatur strategi penetapan harga di pasar yang sangat kompetitif.

3. Fraud Detection & Mining Unusual Patterns

Data mining juga berfungsi untuk mencari dan mendeteksi fraud pada sebuah sistem. Dengan menggunakan data mini maka akan bisa melihat dari jutaan transaksi yang masuk.

  • Pendekatan: Clustering & konstruksi model untuk penipuan, analisis outlier
  • Aplikasi: Layanan kesehatan, ritel, layanan kartu kredit, telecomm. Misalnya Asuransi otomatis, Pencucian uang, Asuransi kesehatan, Telekomunikasi, Analisis pola yang menyimpang dari norma yang diharapkan, Industri retail, Dll.

Itulah beberapa informasi tentang data Mining, Kamu bisa mempelajari tentang penambangan data untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi/data yang berguna untuk masa depan.


Tool data mining yang bisa digunakan tanpa coding adalah Orange:
Silahkan download: Software Orange

Panduan Instalasi dan Uji coba Orange



Panduan Penggunaan Orange


Selamat Mencoba dan Berkarya.
Hozairi
Sukses Harus Di Mulai Dari Mimpi

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter