-->

Ads 720 x 90

Header-hoz

Pelatihan Perluasan Kesempatan Kerja

PELATIHAN PERLUASAN KESEMPATAN KERJA 

Oeh : Hozairi, S.ST, MT


Fenomena sulitnya mencari kerja menjadi penyakit kronis bagi setiap Kabupaten yang tersebar di Indonesia, dari tahun-ketahun problemantika pengangguran semakin meningkat, sudah masuk kedalam tulang sumsum bangsa Indonesia ini. Pertanyaan saya adalah ada apa dengan bangsa ini? Siapapun presidennya tidak mampu merubah bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri.

Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan terobosan-terobosan untuk menekan kemiskinan dan memberantas pengangguran melalui bimbingan teknis Wirausaha Baru dan Penerapan Teknologi. Dinsosnakertrans Kab.Pamekasan, mengadakan pendataan ke-13 Kecamatan yang tersebar di Kab. Pamekasan, mereka menyeleksi para pemuda dan pemudi yang putus sekolah yang mempunyai motivasi untuk berwiraswasta untuk diikutkan dalam program tersebut, dan sekaligus mereka diberikan bantuan peralatan kebutuhan usaha dengan tujuan akan tercipta usaha mandiri dan mampu mempekerjakan orang lain dalam usahannya.

 

 Pada tanggal 01 – 14 Desember 2009, bertempat di PKPN Kab. Pamekasan dengan jumlah peserta 60 orang dari berbagai Keamatan dan Usaha, adapun materi-materi yang diberikan kepada mereka sangat-sangat relevan dengan Kebutuhan Usaha Mandiri :

Tabel 1. Materi TKMT

Materi

Pembicara

Instansi

Dasar-Dasar keberhasiln

Hozairi, S.ST, MT

FKKsdi-ITS

Sukses Memulai Usaha mandiri

Hozairi, S.ST, MT

 

Peningkatan Usaha Mandiri Melalui Pemanfaatan Potensi Lokal

Drs. Akh. Syafiudin, M.Pd

LP2M-UIM

Membangun Jejaring Antara Stakeholder di Indonesia

Drs. Akh. Syafiudin, M.Pd

LP2M-UIM

Mengembangkan Permodalan Menggunakan PERBANKAN Syariah

Achmad jayadi, SE, MM

Habibi Center

Supermarket dan Hipermarket

Ahmadi, S.SI

Praktisi

 

Target yang diinginkan pemerintah daerah dalam 1 tahun mereka sudah mampu mengembangkan usaha mereka menjadi mata pencarian inti dan menjanjikan, ini terbukti oleh ibu anita yang dalam sesi-sesi presentasi merencanakan usaha dibidang jual beli kue dengan modal Rp. 300.000,- dia mampu mendapatkan keuntungan bersih dalam 1 hari dengan asumsi resiko adalah Rp. 35.000,- jika dalam 1 bulan akan mendapatkan keuntungan Rp. 1.050.000.- sehingga dalam 1 tahun akan mendapatkan laba Rp. 12.600.000,- (Luuaaarrrr Biasa...mau mencoba?? )

Saya salut dengan program dinas sosial, tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Pamekasan, mudah-mudahan tidak ada dana yang bocorrr....

 

 

Hozairi
Sukses Harus Di Mulai Dari Mimpi

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Copyright ©
Theme by Dr.Hozairi