-->

Ads 720 x 90

Header-hoz

Korupsi Waktu di Kantor

Korupsi adalah hal buruk yang harusnya dihindari demi terciptanya sebuah tatanan yang lebih baik. Korupsi bisa menimpa siapa saja, karena korupsi ini adalah salah satu virus akut yang sudah merasuki semua lapisan masyarakat kita.
Korupsi paling kecil misalnya korupsi waktu. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa korupsi waktu adalah contoh kecil dari korupsi yang pada akhirnya bisa merembet ke bentuk lain dari korupsi dalam skala lebih besar dan lingkup yang lebih luas.
Berikut beberapa aksi korupsi waktu yang biasa dilakukan:
  •  Datang terlambat ke kantor dan pulang lebih awal.
  •  Mengambil waktu istirahat lebih lama dari semestinya.
  •  Pergi ke luar kantor untuk urusan pribadi.
  •  Saat tak ada kesibukan, melakukan hal-hal lain yang tak berhubungan dengan pekerjaan.
Korupsi waktu di tempat kerja dilakukan karena si pelaku tidak terlalu sibuk. Atau bidang pekerjaannya tidak menuntutnya melakukan tugas berat. Kenapa banyak terjadi? dilihat dari dua sisi, yakni sisi personal dan perusahaan, dari sisi personal, bila karyawan tahu persis job desk yang diembannya, ia tidak akan berleha-leha sesuai komitmennya terhadap pekerjaan. Sementara dari sisi perusahaan, seharusnya berani menyusun pekerjaan yang pas dengan kemampuan individu karyawannya.
Hal ini dinilai penting karena banyak juga individu yang profesional tapi beban pekerjaan tidak terlalu banyak. Misalnya orang yang memiliki kemampuan kapasitas kerja 85 persen, hanya diberi pekerjaan sebanyak 25 persen, Sisanya 60 persen dipakai untuk nyambi. Untuk mengatasinya, job deskripsi karyawan harus disesuaikan dengan potensinya. Idealnya setiap karyawan butuh tantangan. Seperti halnya anak sekolah saat diberi tugas. Anak yang cerdas diberi soal-soal yang gampang, maka dalam waktu 15 menit ia bisa menyelesaikannya. Sisanya ia mengganggu teman-temannya. Paling tidak seorang pekerja diberi beban pekerjaan hingga 70 persen dari kemampuannya, sehingga tidak perlu korupsi waktu.
Kalau nggak ada kontrol dari perusahaan, hal ini akan berlangsung terus. Misalnya bosnya melakukan hal yang sama, maka ini menjadi kebiasaan. Sehingga bagi yang melakukannya akan menirunya sebagai hal yang biasa-biasa saja. Solusinya, perusahaan harus membuat sebuah komitmen yang tegas. Apa saja hal-hal yang boleh dilakukan dan dilarang selama bekerja. Peraturan ini diberlakukan mulai dari level bawah hingga atasan.


Hozairi
Sukses Harus Di Mulai Dari Mimpi

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter